LOGO PUSKESMAS GERUNG
Beranda > Berita > Kilas Balik Kemitraan Bidan, Dukun Bayi Dan Kader Posyandu
Serba-serbi

Kilas Balik Kemitraan bidan, dukun bayi dan kader posyandu

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 5 Agu 2021 - Dilihat 446 kali

Pusat kesehatan Masyarakat yang selanjutnya di sebut dengan "PUSKESMAS" adalah ujung tombak jajaran kesehatan yang memiliki peluang besar untuk melakukan kontak langsung dengan masyarakat baik yang sakit maupun yang tidak sakit.

Di dalam perjalanannya Puskesmas selalu mengalami revitalisasi sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta kebutuhan masyarakat.

Masalah kesehatan masyarakat sangat luas dan kompleks sehingga dalam pemecahannya harus melibatkan lintas sektor dan lintas didiplin ilmu. Disisi lain masalah kesehatan masyarakat tidak terlepas dari hubungan sebab akibat. Upaya kesehatan masyarakat dimulai dari upaya ditingkat hulu yaitu peningkatan kesehatan (promotif), Upaya pencegahan (preventif) dan upaya di tingkat hilir penyembuhan/pengobatan (Kuratif) dan upaya perbaikan (Rehabilitatif).

Pembangunan Kesehatan Masyarakat di tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dengan Puskesmas sebagai unit pelaksana teknisnya. Sesuai dengan kedudukannya Puskesmas diberikan peran sebagai Pusat Pembangunan Kesehatan Masyarakat di satu wilayah kerja dengan melaksanakan sebahagian tugas Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Didalam melaksanakan tugas Puskesmas berfungsi dalam pemberdayaan masyarakat; penggerakan masyarakat; mendorong pembangunan berwawasan kesehatan; Memantau masalah kesehatan masyarakat dan Memberikan pelayanan kesehatan dasar.

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi- tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat ditentukan oleh kesinambungan antar upaya program dan sektor, serta kesinambungan dengan upaya-upaya yang telah dilaksanakan oleh periode sebelumnya.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *