LOGO PUSKESMAS GERUNG
Beranda > Berita > Tablet Tambah Darah, Si Kecil Beragam Manfaat Bagi Remaja Putri
LINTAS SEKTOR

Tablet Tambah Darah, Si Kecil Beragam Manfaat Bagi Remaja Putri

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 25 Sep. 2021 - Dilihat 131 kali

Distribusi sekaligus sosialisasi tentang tablet Fe di Ponpes Assaidiyah NW Tempos berlangsung hari Jumat (24/9).

Dalam pembukaannya, Haryunadi, AMd.Gz selaku koordinator Gizi, mengemukakan "ini ilmu baru, manfaatnya, khusus buat adik-adik yang nantinya, mau tidak mau akan menjadi seorang calon ibu dan punya anak dan pada kesempatan ini, akan diberikan tambahan pengetahuan yang ada hubungannya bagaimana menjaga kesehatan, supaya kita tidak anemia, supaya nanti kita menjadi remaja putri yang sehat, cantik tanpa anemi".

"Setelah tahu akibat dari anemi ini, kalau sekarang adik-adik cantik ini anemi, berarti nanti seterusnya akan menjadi ibu-ibu yang anemi, karena jika dibiarkan anemi akan terus berkelanjutan, dia (red-remaja putri yang suatu saat nanti menjadi calon ibu) akan menjadi ibu hamil yang anemi" ungkap Ida Fitriani,  SKM.

"Bahaya anemi terhadap ibu hamil,  pertama pada saat hamil muda, janin yang dikandung bisa gugur, bisa keguguran kalau ibu-ibu dengan anemia" sambutnya.

"Pada keguguran keluar perdarahan hebat, orang (red-ibu hamil keguguran) pada perdarahan hebat bisa menyebabkan kematian" tambahnya kembali.

"Jadi perlu diketahui, Indonesia ini angka kematiannya, angkanya belum turun ke level paling rendah. Perdarahan itu dapat dicegah, kalau dimasa seperti adik-adik saat ini rutin minum tablet tambah darah dan makan dengan gizi yang seimbang, jadi nanti ketika akan jadi calon-calon ibu hamil yang sehat, bayinya akan sehat, akan jadi penerus bangsa yang sehat" imbuhnya.

"Jadi seperti ini, kenapa disuatu tempat atau disuatu lingkungan, ibunya dari remaja mengalami anemia, saat hamil dia menjadi anemia, kemudian ok lah dia tidak mengalami keguguran, kemudian lahir bayinya, tetapi bayi ini akan rentan menjadi bayi dengan gizi kurang, nanti ia akan menjadi balita yang tidak sehat, kembali menjadi remaja yang anemia, terus begitu menjadi lingkaran setan yang tidak berhenti-berhenti, jadi mulai sekarang adik-adik cantik ini kalau bisa tetap mendapatkan asupan zat besi, menjaga tidak menjadi anemia, karena jika adik-adik ini nanti jadi calon ibu hamil, akan menjadi ibu yang sehat, bayi yang dilahirkan akan menjadi generasi penerus yang sehat" ungkapnya kembali.

"Minum tablet tambah darah secara teratur, 1 tablet dalam seminggu, remaja putri perlu periksa  Hb. Disebelah sekolah ini ada posyandu, adik adik bisa datang ke posyandu, adik adik ini termasuk sasaran posyandu keluarga yakni remaja, disitu bisa di skrining Hb, mngkn bisa kerjasama dengan sekolah, pada saat jam istirahat adik-adik bisa datang ke posyandu, jadi bisa ditimbang berat badannya dan di skrining" dalam paparannya.

"Cara minum tablet Fe yaitu minum dengan air putih, jangan dengan air teh atau kopi, soda atau lainnya karena akan mengganggu penyerapan didalam tubuh. 
Walaupun telah minum tablet Fe tetap harus makan menu gizi seimbang, usahakan minum tablet Fe setelah makan, sebelum menjelang tidur dimalam hari" sambungnya lagi.

Dalam sesi diskusi, remaja putri dilontarkan pertanyaan, dan diberikan doorprize bagi yang menjawab dengan benar seputar tablet Fe dan Anemia.

Dalam sesi diskusi, Haryunadi, AMd.Gz mengungkapkan "caranya mencegah supaya tidak anemia, diantaranya dengan konsumsi menu gizi seimbang, istirahat yang cukup, olahraga/aktivitas fisik, makan buah dan sayur dan minum tablet tambah darah".

Dan terkait saat ini, "Salah satu contoh di masa pandemi ini, supaya kita tidak menularkan penyakit kepada orang lain, kita saling melindungi diri sendiri dan orang lain kita harus tetap disiplin Prokes" ungkap Haryunadi di akhir kegiatan.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *