LOGO PUSKESMAS GERUNG
Beranda > Berita > Giat Pelaksanaan Posyandu Keluarga Penarukan Lauk 2024
LINTAS SEKTOR

Giat Pelaksanaan Posyandu keluarga Penarukan Lauk 2024

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 23 Maret 2024 - Dilihat 143 kali

Gerung - Posyandu Keluarga adalah terobosan dalam upaya menanggulangi masalah  kesehatan, dengan pendekatan keluarga yang melaksanakan kegiatan secara rutin tiap bulan, dengan cakupan 5 Program utama (KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan Diare), dan ditambah integrasi program dari lintas sektor, yaitu  Kelas Remaja, Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (PUP), program Keluarga Sakinah, Ketahanan Pangan, Pertanian serta peran aktif Tokoh Agama (Dai Kesehatan) serta instansi yang dalam upaya mensinergikan program di SKPD terkait. Penjangkauan sasaran juga diupayakan sampai kepada Keluarga, sesuai dengan program Keluarga Sehat yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Pendampingan oleh Kader, Dai dan Petugas akan memastikan setiap individu mandapatkan akses pelayanan kesehatan dasar yang diperlukan.

Posyandu Keluarga, bertujuan untuk meningkatkan  akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar yang komprehensif dan Terintegrasi dan sejalan dengan RPJMD Provinsi NTB. Posyandu dengan pendekatan keluarga ini di laksanakan di desa GEN di pulau Lombok (dinkes.ntbprov.go.id/artikel/categoryposyandu-keluarga/).

Sasaran dan Target Posyandu Keluarga di Desa GEN se Pulau Lombok adalah Ibu Hamil, Bayi, Balita, Pasangan Usia Subur, Remaja dan Lansia dengan target (12 Indikator Keluarga Sehat).

Tujuan Pelaksanaan meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan dasar yang komprehensif dan terintegrasi. Adapun petugas kesehatan yang turun dalam kegiatan tersebut, Bidan Desa, Petugas Imunisasi, Petugas Gizi, Petugas PTM/Lansia, Petugas Konseling.

Posyandu keluarga dengan sasaran ibu hamil ,ibu balita , bayi, balita, usia produktif, lansia. Hasil Kegiatan/Output antara lain :

Balita ditimbang 91 orang, imunisasi dilayani 5 orang, Ibu hamil dilayani 12 orang

Yang tidak datang dilakukan sweaping oleh kader, konseling diberikan pada ibu dengan bayi berat badan kurang, pemberian Taburia, Pemberian Vitamin A, PMBA usia 6-11 bulan, ASI Ekslusif serta penyakit berbasis lingkungan, pemberian Kaporit pada masyarakat yang mempunyai Sumur Gali, lansia mendapatkan layanan skrining kesehatan, rujukan pasien dengan gejala HT dan DM, KIE kepada sasaran yang memiliki masalah kesehatan dan informasi UHC kepada masyarakat bagi orang-orang dengan kriteria urgent seperti rujukan, persalinan, rawat inap dan gawat darurat.

 

______________________________***______________________________

 

MOTTO UPT Puskesmas Gerung:

"SEHATI" dalam memberikan pelayanan.

SEHATI Kepanjangan dari:

S : Senyum (Memberikan pelayanan yang ramah).

E : Edukasi (Edukasi yang dilaksanakan secara kekeluargaan dan kebersamaan).

H : Holistik (Memberikan pelayanan secara keseluruhan dan profesional).

A : Adil (Pelayanan yang merata dan tidak membedabedakan).

T : Teladan (Menjadi panutan bagi masyarakat dalam berperilaku hidup sehat).

I  : Inisiatif (Melaksanakan tugas tanpa menunggu perintah dan mencari solusi bila ada kendala).

SEHATI" juga dapat diartikan sebagai kekuatan kerja sama dan kekompakan tim UPT Puskesmas Gerung dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

FALSAFAH:

Memberikan pelayanan yang ramah, tulus, efisien dan edukatif serta merata bagi seluruh lapisan masyarakat.

JANJI LAYANAN:

Memberikan pelayanan secara profesional dan sepenuh hati.

VISI

Terwujudnya masyarakat Gerung yang mandiri untuk hidup sehat dengan dilandasi nilai Patut Patuh Patju menuju tercapainya kecamatan Gerung Sehat.

MISI

1. Meningkatkan kemandirian masyarakat Gerung dalam bidang kesehatan serta berperilaku hidup bersih dan sehat.

2. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil, merata dan terjangkau oleh masyarakat.

3. Meningkatkan derajad kesehatan, baik kesehatan individu dan masyarakat.

4. Menciptakan tata kelola dan manajemen yang baik.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *